Minggu, 22 Mei 2016

matematika aljabar anak usia dini



KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senatiasa memberikan taufik dan hidayahnya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Penerapan Aljabar Pada Anak Usia Dini”.
Makalah ini penulis buat dengan tujuan sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Pengenalan Matematika AUD dan digunakan sebagai pedoman dalam mencari sumber-sumber belajar.
Terimakasih penulis sampaikan kepada semua pihak terkait, terutama dosen pembimbing yang telah memberikan penjelasan tentang penulisan tugas ini.
penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar makalah ini menjadi sempurna. Selain itu juga, penulis berharap agar makalah ini dapat digunakan sebagai mana mestinya.

Jambi,    Maret 2016

Penulis









DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..........................................................................................i
DAFTAR ISI..........................................................................................................ii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang...........................................................................................1
B.     Rumusan Masalah......................................................................................1
C.     Tujuan Penulis............................................................................................2
D.    Manfaat Penulisan......................................................................................2
BAB. II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Aljabar....................................................................................3
B.     Mengembangkan konsep aljabar dengan metode pengumpulan data......4
C.     Jenis-jenis aljabar......................................................................................5
D.    Manfaat aljabar pada anak usia dini..........................................................5
E.     Aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar dengan menggunakan
Media balok...............................................................................................5

BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................................6
B.     Saran..........................................................................................................6

DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................7





BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Penulisan Makalah
Aljabar adalah bentuk persamaan yang terdiri dari variabel (peubah) dan konstanta yang dihubungkan dengan tanda operasi hitung serta tidak menggunakan sama dengan.
Aljabar adalah salah satu cabang penting dalam matematika. Kata aljabar bersal dari kata al-jabr yang diambil dari buku karangan Muhammad Ibn Musa al-khawarizmi (780-850 M) yaitu kitab al-jabr wa al-muqabalah yang membahas tentang cara menyelesaikan persamaan-persamaan aljabar.
Alajabar perlu untuk dipahami dan dipelajari oleh seorang guru karena dewasa ini banyak kita temui  penerapan aljabar yang salah yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini. Banyak sekali kita lihat dilingkungan kita banyak guru yang menerapkan dan  menerangkan matematika pada anak terutama aljabar itu melalui metode-metode  yang seharusnya tidak diterapkan pada anak usia dini, contohnya saja saat mengenalkan angka yang bersifat memaksa kepada anak sementara pada anak usia dini belum waktunya mengajarkan angka secara mendalam melainkan kita baru mengenalkan tentang angka tersebut.
Dari pembahasan di atas maka penulis menyadari bahwa penting sekali untuk kita membahas dan memahami konsep atau penerapan aljabar pada Anak Usia Dini melalui makalah ini. Sebagai guru khususnya guru Pendidikan Anak Usia Dini, perlu sekali untuk kita  mempelajari dan memahami secara mendalam tentang pengenalan aljabar pada AUD agar kita tidak salah dalam menerangkan dan menerapkan konsep aljabar pada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

B.      Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian aljabar?
2.      Bagaimana cara mengembangkan konsep aljabar dengan metode pengumpulan data?
3.      Apa saja jenis-jenis aljabar?
4.      Bagaimana Manfaat aljabar untuk anak usia dini?
5.      Bagaimana aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar pada anak usia dini dengan menggunakan media balok?

C.    Tujuan Penulisan Makalah
Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang:
1.      pengertian aljabar.
2.      cara mengembangkan konsep aljabar dengan metode pengumpulan data.
3.      jenis-jenis aljabar.
4.      Manfaat aljabar untuk Anak Usia Dini.
5.      aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar pada anak usia dini dengan menggunakan media balok.

D.    Manfaat Penulisan makalah
                 Adapun manfaat dari makalah ini adalah sebagai pedoman dan bahan penyusunan makalah untuk menyempurnakan pembelajaran aljabar di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.











BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Aljabar
Menurut catatan sejarah yang ada, penggunaan aljabar sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Aljabar telah dipergunakan oleh matematikawan pada sekitar 3500 tahun yang lalu pada peradaban Mesopotamia. Awal mula dikenalnya nama Aljabar adalah ketika al-Khwarizmi menuliskannya di dalam buku karangannya yang berjudul The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing. Kemudian istilah tersebut menyebar setelah karya tersebut diterjemahkan ke berbagai bahasa Eropa oleh muridnya yang bernama Omar Khayyam. Sejak saat itulah perkembangan ilmu aljabar terus dipelajari dan terus disempurnakan sampai pada saat sekarang ini.
Aljabar merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang ditemukan oleh Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Nama aljabar sendiri diambil dari bahasa arab "al-jabr" yang memiliki arti hubungan atau penyelesaian. Aljabar dapat didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu matematika yang mempelajari konsep atau prinsip penyederhanaan serta pemecahan masalah dengan menggunakan simbol atau huruf tertentu. Sebagai contoh, di dalam aljabar biasa digunakan huruf/simbol x yang mewakili nilai dari suatu bilangan yang ingin dicari. Konsep Aljabar biasa digunakan oleh para matematikawan di dalam proses pencarian pola dari suatu bilangan.
Penerapan aljabar pada anak usia dini, menurut NTCM (2000),pengenalan aljabar dimulai degan menyortir,menggolongkan,membandingkan,dan menyusun benda benda menurut bentuk,jumlah dan sifat sifat lain,mengenal,menggambarkan,dan memperluas pola akan memberi sumbangan kepada pemahaman anak anak tentang penggolongan.
Penggolongan tersebut penting untuk mengembangkan konsep bilangan. Supaya anak mampu menggolongkan atau menyortir benda-benda mereka harus mengembangkan pengertian tentang saling memiliki persamaan, keserupaan, dan perbedaan. Kegiata yang dapat mendukung kemampuan kasifikasi anak adalah:


1.      membandingkan
Yaitu proses dimana anak membangun suatu hubungan antara dua benda berdasarkan atribut tertentu. Anak usia dini sering membuat perbedaan, terutama bila perbandingan itu melibatkan mereka secara pribadi.
2. menyusun
Menyusun atau menata adalah tingkat lebih tinggi dari perbandingan. Menyusun melibatkan perbandigan benda-benda yang lebih banyak, menerapkan benda-benda dalam satu urutan. Kegiatan menyusun dapat dilakukan didalam maupun diluar, misalnya menyusun balok yang diatur dari yang paling besar sampai yang paling kecil. Menyusun balok dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi dan lain-lain.
              Berdasarkan pembahasan aljabar ini kami mengambil permainan dengan menggunaan balok.Dimana anak anak akan di arahkan untuk mengelompokkan balok sesuai dengan bentuk,jumlah dan warnanya.

B. Mengembangkan konsep aljabar dengan metode pengumpulan data
              Pada awalnya anak mulai memilih benda tanpa tujuan.Selanjutnya anak mulai memilih mainan dengan tujuan,misalnya berdasarkan warna ukuran atau bentuk.Pada tahap yang lebih tinggi anak dapat memilih mainan berdasarkan lebih dari satu variabel,misalnya berdasarkan warna dan bentuk,atau warna,bentuk dan ukuran.
              Beberapa contoh yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengembangkan pengumpulan,pengaturan dan tampilan data pada anak:
              mengajak anak mengumpulkan bermacam macam balok kemudian ajak anak mengelompokkan bentuk bentuk balok balok tersebut.setelah itu,buatlah daftar tentang jumlah balok untuk setiap bentuknya dengan cara menyusun balok balok yang sama menjadi barisan tegak lurus keatas.Aja anak mencatat jumlah kelompok balok.




C.  Jenis-jenis aljabar
1. aljabar dasar
              Yaitu mencatat sifat-sifat operasi bilangan ril, menguunakan simbol sebagai pengganti untuk menandakan konstanta dan variabel, dan mempelajari aturan tentang ungkapan dan persamaan matematis yang melibatkan simbol-simbol tertentu.
2. Aljabar abstrak
              Secara aksiomatis mendefinisikan dan menyelidiki struktur aljabar seperti kelompok matematika, cincin matematika dan matematika bidang.
3. Aljabar linier
              Yaitu mempelajari sifat-sifat khusus ruag vektor (termasuk matris).
4. Aljabar universal
              Yaitu mempelajari sifat-sifat yang dimiliki semua struktur aljabar.
5. Aljabar komputer
              Yaitu mengumpulkan manipulasi simbolis benda-benda matematis.

D. Manfaat aljabar pada anak usia dini
Aljabar adalah dasar dari segala ilmu matematika. Di SD kelas satu atau dua, anak akan diberi soal tentang 1+  berapa ? = 2, bukan kah itu sama saja 1+ x = 2, barapa nilai x ? Setelah dihitung maka akan ditemui jawabannya yaitu 1.  Oleh karena itu pemahaman aljabar di PAUD diperlukan untuk menyiapkan anak usia dini ketika mereka melanjutkan pendidikannya ke SD mengenai aljabar.

E. Aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar dengan menggunakan  media balok
1.      Siapkan bangun ruang yang sesuai denga kebutuhan
2.      Letakkan secara acak di area
3.      Beri contoh anak cara mengelompokkan bentuk sesuai warna,jumlah dan bentuknya
4.      Perintahkan anak untuk menglompokkan sesuia dengan warna,jumlah dan bentuknya.
BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Aljabar dapat didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu matematika yang mempelajari konsep atau prinsip penyederhanaan serta pemecahan masalah dengan menggunakan simbol atau huruf tertentu.
              Pada awalnya anak mulai memilih benda tanpa tujuan.Selanjutnya anak mulai memilih mainan dengan tujuan,misalnya berdasarkan warna ukuran atau bentuk.Pada tahap yang lebih tinggi anak dapat memilih mainan berdasarkan lebih dari satu variabel,misalnya berdasarkan warna dan bentuk,atau warna,bentuk dan ukuran.
Jenis jenis aljabar yaitu aljabar dasar,aljabar abstrak,aljabar linier,aljabar universal,aljabar computer, pemahaman aljabar di PAUD diperlukan untuk menyiapkan anak usia dini ketika mereka melanjutkan pendidikannya ke SD mengenai aljabar.
Aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar dengan menggunakan  media balok yaitu Siapkan bangun ruang yang sesuai dengan kebutuhan, Letakkan secara acak di area, Beri contoh anak cara mengelompokkan bentuk sesuai warna, jumlah dan bentuknya, Perintahkan anak untuk menglompokkan sesuia dengan warna,jumlah dan bentuknya.

B.     SARAN
              Diharapkan setelah membaca makalah ini guru dapat menerapkan konsep aljabar dengan benar sesuai dengan usia anak.







DAFTAR PUSTAKA

KW, Lestari. 2013. Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan   Pendidikan Anak Usia Dini.
Alfa, Januar. 2014. Rumus Jitu Matematika SMP/MTS kelas 7, 8, dan 9. Yogyakarta: Pena Mas Publisher.
Adinawan, M.Cholik dan Sugijono. 2006. Matematika SMP Jilid IA kelas VII. Bandung: Erlangga.
https://m.facabook.com/permalink.php?id=324129997675008&Story_fbid=539407872813885.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar