KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang senatiasa memberikan
taufik dan hidayahnya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan
makalah yang berjudul “Penerapan
Aljabar Pada Anak Usia Dini”.
Makalah
ini penulis buat dengan tujuan sebagai pemenuhan tugas mata kuliah Pengenalan Matematika AUD
dan
digunakan sebagai pedoman dalam mencari sumber-sumber belajar.
Terimakasih
penulis sampaikan
kepada semua pihak terkait, terutama dosen pembimbing yang telah memberikan
penjelasan tentang penulisan tugas ini.
penulis
mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar makalah ini menjadi
sempurna. Selain itu juga, penulis berharap agar makalah ini dapat digunakan
sebagai mana mestinya.
Jambi, Maret 2016
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................i
DAFTAR ISI..........................................................................................................ii
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang...........................................................................................1
B. Rumusan
Masalah......................................................................................1
C. Tujuan
Penulis............................................................................................2
D.
Manfaat
Penulisan......................................................................................2
BAB. II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Aljabar....................................................................................3
B.
Mengembangkan
konsep aljabar dengan metode pengumpulan data......4
C. Jenis-jenis aljabar......................................................................................5
D. Manfaat aljabar pada anak usia dini..........................................................5
E. Aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar dengan menggunakan
Media balok...............................................................................................5
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................................6
B.
Saran..........................................................................................................6
DAFTAR PUSTAKA..........................................................................................7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Penulisan Makalah
Aljabar adalah bentuk persamaan yang terdiri dari variabel (peubah)
dan konstanta yang dihubungkan dengan tanda operasi hitung serta tidak
menggunakan sama dengan.
Aljabar adalah salah satu cabang penting dalam matematika. Kata
aljabar bersal dari kata al-jabr yang diambil dari buku karangan Muhammad Ibn
Musa al-khawarizmi (780-850 M) yaitu kitab al-jabr wa al-muqabalah yang
membahas tentang cara menyelesaikan persamaan-persamaan aljabar.
Alajabar perlu untuk dipahami dan dipelajari oleh seorang guru
karena dewasa ini banyak kita temui
penerapan aljabar yang salah yang diterapkan pada pendidikan anak usia
dini. Banyak sekali kita lihat dilingkungan kita banyak guru yang menerapkan
dan menerangkan matematika pada anak
terutama aljabar itu melalui metode-metode
yang seharusnya tidak diterapkan pada anak usia dini, contohnya saja
saat mengenalkan angka yang bersifat memaksa kepada anak sementara pada anak
usia dini belum waktunya mengajarkan angka secara mendalam melainkan kita baru
mengenalkan tentang angka tersebut.
Dari pembahasan di atas maka penulis menyadari bahwa penting sekali
untuk kita membahas dan memahami konsep atau penerapan aljabar pada Anak Usia
Dini melalui makalah ini. Sebagai guru khususnya guru Pendidikan Anak Usia
Dini, perlu sekali untuk kita
mempelajari dan memahami secara mendalam tentang pengenalan aljabar pada
AUD agar kita tidak salah dalam menerangkan dan menerapkan konsep aljabar pada
lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa
pengertian aljabar?
2.
Bagaimana
cara mengembangkan konsep aljabar dengan metode pengumpulan data?
3.
Apa
saja jenis-jenis aljabar?
4.
Bagaimana
Manfaat aljabar untuk anak usia dini?
5.
Bagaimana
aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar pada anak usia dini dengan
menggunakan media balok?
C.
Tujuan Penulisan Makalah
Adapun
tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui tentang:
1.
pengertian
aljabar.
2.
cara
mengembangkan konsep aljabar dengan metode pengumpulan data.
3.
jenis-jenis
aljabar.
4.
Manfaat
aljabar untuk Anak Usia Dini.
5.
aturan
bermain untuk mengenalkan konsep aljabar pada anak usia dini dengan menggunakan
media balok.
D.
Manfaat Penulisan makalah
Adapun manfaat
dari makalah ini adalah sebagai pedoman dan bahan penyusunan makalah untuk
menyempurnakan pembelajaran aljabar di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Aljabar
Menurut catatan sejarah yang ada, penggunaan aljabar sudah
dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Aljabar telah dipergunakan oleh
matematikawan pada sekitar 3500 tahun yang lalu pada peradaban Mesopotamia.
Awal mula dikenalnya nama Aljabar adalah ketika al-Khwarizmi menuliskannya di dalam buku
karangannya yang berjudul The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing.
Kemudian istilah tersebut menyebar setelah karya tersebut diterjemahkan ke
berbagai bahasa Eropa oleh muridnya yang bernama Omar Khayyam. Sejak saat itulah perkembangan ilmu aljabar terus dipelajari
dan terus disempurnakan sampai pada saat sekarang ini.
Aljabar merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang
ditemukan oleh Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al-Khwarizmi. Nama
aljabar sendiri diambil dari bahasa arab "al-jabr" yang memiliki arti
hubungan atau penyelesaian. Aljabar dapat didefinisikan sebagai suatu cabang
ilmu matematika yang mempelajari konsep atau prinsip penyederhanaan serta
pemecahan masalah dengan menggunakan simbol atau huruf tertentu. Sebagai
contoh, di dalam aljabar biasa digunakan huruf/simbol x yang mewakili nilai
dari suatu bilangan yang ingin dicari. Konsep Aljabar biasa digunakan oleh para
matematikawan di dalam proses pencarian pola dari suatu bilangan.
Penerapan aljabar pada anak usia dini, menurut
NTCM (2000),pengenalan aljabar dimulai degan
menyortir,menggolongkan,membandingkan,dan menyusun benda benda menurut
bentuk,jumlah dan sifat sifat lain,mengenal,menggambarkan,dan memperluas pola
akan memberi sumbangan kepada pemahaman anak anak tentang penggolongan.
Penggolongan tersebut penting untuk
mengembangkan konsep bilangan. Supaya anak mampu menggolongkan atau menyortir
benda-benda mereka harus mengembangkan pengertian tentang saling memiliki
persamaan, keserupaan, dan perbedaan. Kegiata yang dapat mendukung kemampuan
kasifikasi anak adalah:
1. membandingkan
Yaitu proses dimana anak membangun suatu
hubungan antara dua benda berdasarkan atribut tertentu. Anak usia dini sering
membuat perbedaan, terutama bila perbandingan itu melibatkan mereka secara
pribadi.
2. menyusun
Menyusun atau menata adalah tingkat lebih
tinggi dari perbandingan. Menyusun melibatkan perbandigan benda-benda yang
lebih banyak, menerapkan benda-benda dalam satu urutan. Kegiatan menyusun dapat
dilakukan didalam maupun diluar, misalnya menyusun balok yang diatur dari yang
paling besar sampai yang paling kecil. Menyusun balok dari yang paling rendah
sampai yang paling tinggi dan lain-lain.
Berdasarkan
pembahasan aljabar ini kami mengambil permainan dengan menggunaan balok.Dimana
anak anak akan di arahkan untuk mengelompokkan balok sesuai dengan
bentuk,jumlah dan warnanya.
B. Mengembangkan konsep aljabar dengan metode pengumpulan
data
Pada
awalnya anak mulai memilih benda tanpa tujuan.Selanjutnya anak mulai memilih
mainan dengan tujuan,misalnya berdasarkan warna ukuran atau bentuk.Pada tahap
yang lebih tinggi anak dapat memilih mainan berdasarkan lebih dari satu
variabel,misalnya berdasarkan warna dan bentuk,atau warna,bentuk dan ukuran.
Beberapa
contoh yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengembangkan
pengumpulan,pengaturan dan tampilan data pada anak:
mengajak
anak mengumpulkan bermacam macam balok kemudian ajak anak mengelompokkan bentuk
bentuk balok balok tersebut.setelah itu,buatlah daftar tentang jumlah balok untuk
setiap bentuknya dengan cara menyusun balok balok yang sama menjadi barisan
tegak lurus keatas.Aja anak mencatat jumlah kelompok balok.
C. Jenis-jenis aljabar
1. aljabar
dasar
Yaitu mencatat sifat-sifat operasi
bilangan ril, menguunakan simbol sebagai pengganti untuk menandakan konstanta
dan variabel, dan mempelajari aturan tentang ungkapan dan persamaan matematis
yang melibatkan simbol-simbol tertentu.
2. Aljabar
abstrak
Secara aksiomatis mendefinisikan
dan menyelidiki struktur aljabar seperti kelompok matematika, cincin matematika
dan matematika bidang.
3. Aljabar
linier
Yaitu mempelajari sifat-sifat
khusus ruag vektor (termasuk matris).
4. Aljabar
universal
Yaitu mempelajari sifat-sifat yang
dimiliki semua struktur aljabar.
5. Aljabar
komputer
Yaitu mengumpulkan manipulasi
simbolis benda-benda matematis.
D. Manfaat aljabar pada anak usia dini
Aljabar adalah dasar dari segala ilmu matematika. Di SD kelas satu
atau dua, anak akan diberi soal tentang 1+
berapa ? = 2, bukan kah itu sama saja 1+ x = 2, barapa nilai x ? Setelah
dihitung maka akan ditemui jawabannya yaitu 1.
Oleh karena itu pemahaman aljabar di PAUD diperlukan untuk menyiapkan
anak usia dini ketika mereka melanjutkan pendidikannya ke SD mengenai aljabar.
E. Aturan bermain untuk mengenalkan konsep aljabar dengan
menggunakan media balok
1.
Siapkan
bangun ruang yang sesuai denga kebutuhan
2. Letakkan secara acak di area
3. Beri contoh anak cara mengelompokkan bentuk sesuai warna,jumlah
dan bentuknya
4.
Perintahkan
anak untuk menglompokkan sesuia dengan warna,jumlah dan bentuknya.
BAB
III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Aljabar dapat didefinisikan sebagai suatu cabang ilmu matematika
yang mempelajari konsep atau prinsip penyederhanaan serta pemecahan masalah
dengan menggunakan simbol atau huruf tertentu.
Pada
awalnya anak mulai memilih benda tanpa tujuan.Selanjutnya anak mulai memilih
mainan dengan tujuan,misalnya berdasarkan warna ukuran atau bentuk.Pada tahap yang
lebih tinggi anak dapat memilih mainan berdasarkan lebih dari satu
variabel,misalnya berdasarkan warna dan bentuk,atau warna,bentuk dan ukuran.
Jenis jenis aljabar yaitu aljabar dasar,aljabar
abstrak,aljabar linier,aljabar universal,aljabar computer, pemahaman aljabar di PAUD diperlukan untuk menyiapkan anak usia
dini ketika mereka melanjutkan pendidikannya ke SD mengenai aljabar.
Aturan bermain
untuk mengenalkan konsep aljabar dengan menggunakan media balok yaitu Siapkan bangun ruang yang sesuai dengan
kebutuhan, Letakkan secara acak di area, Beri
contoh anak cara mengelompokkan bentuk sesuai warna, jumlah
dan bentuknya, Perintahkan anak untuk menglompokkan sesuia dengan warna,jumlah
dan bentuknya.
B. SARAN
Diharapkan setelah membaca makalah
ini guru dapat menerapkan konsep aljabar dengan benar sesuai dengan usia anak.
DAFTAR
PUSTAKA
KW, Lestari. 2013. Konsep
Matematika Untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Alfa, Januar. 2014. Rumus
Jitu Matematika SMP/MTS kelas 7, 8, dan 9. Yogyakarta: Pena Mas Publisher.
Adinawan, M.Cholik dan Sugijono. 2006. Matematika SMP Jilid IA kelas VII. Bandung:
Erlangga.
http://www.rumusmatematikadasar.com/2015/02/definisi-atau-pengertian-aljabar-matematika-lengkap.html.
https://m.facabook.com/permalink.php?id=324129997675008&Story_fbid=539407872813885.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar